Saturday, August 25, 2012

1st Day KKN SERULING ^_^

(Selasa, 3 Juli 2012)


 

Bismillah..

Assalaamu’alaykum Warohmatulloh Wabarokatuh...

Dengan melupakan beberapa draft di blog yang lumayan banyak dan bermacam-macam,he Fii hadzihil munasabah...ane mau menuliskan sedikit (eh, maksudnya sedikit banyak) tentang perjalanan Kuliah Kerja Nyata alias KKN ane,hehe. Yak, sekedar info, kelompok KKN ane punya nama yang unik lho, namanya seruling, apa? SERULING, apaan tuh? SERULING itu singkatan dari ‘Sahabat Masyarakat dan Lingkungan’,hehe..eh, kenapa? gak nyambung ya?? emang gak nyambung c sebenernya, tapi ya..sambung-sambungin ajalah,,hehehhe. Kelompok kami terdiri atas 17 orang (10 pr, 7 lk) dan semuanya berasal dari 5 Fakultas yang berbeda. Siapa sajakah anggota SERULING-ers?? Yak, ane sebutin deh..nama-nama pendeknya aja ye tapi,hehe..Cekidoott: Pertama dari kaum Adam : Bahar (Pak Ketua niih), Munajat, Luthfie, Thirta, Dhoni, Baiqun dan Jay. Beralih ke kaum Hawa : ada Hani (ane), Afredo (Dini), Ufah, Adin, Eci, Mecca, Lia, Ima, Kuntum, dan Fufah. Oia, kelompok SERULING ini bernomer urut 17 juga lho, bagus yah, kayak tanggal lahir ane,hehehe (wooo narsiiss...). Di KKN ini , kami akan menjalankan beberapa program kerja yang tentunya sudah kami susun 3 bulan sebelumnya diantaranya, Renovasi masjid, Bakti Sosial, Bimbingan Belajar, Les Bahasa Arab, Les Bahasa Inggris, Kursus Komputer, Majlis Ta’lim, Pengajaran Formal (TK-SD-Madrasah), Pengobatan gratis, Pembagian Al-Qur’an dll. Oiaaaaa (diingetin sama c Mecca nii),, lokasi KKN SERULING kita ini bertempat di Pondok Pel, Cianten, Desa Purasari, Kec.Leuwiliang, Bogor. Banyak juga lho kelompok yang KKN di Bogor, dan kebetulan kelompok kita ini ada di dataran tertinggi kedua dari yang tertinggi, jadiii,...masalah sinyal, beuuhhhh jangan ditanya deh..susahnya minta ampuun..klo mw dapet sinyal aja harus nyangkut dulu di teras Masjid yang letaknya sekitar 20 meteran dari rumah Pak RW (tempat kita tinggal) atau kita harus berziarah (bahasanya muunn...) ke POS, nah lho, mau dapet sinyal aja butuh perjuangan bin rempong kan jadi berasa ada di dunia antah berantah bin terpencil yang jauh dari peradaban (widiiiih,hoho), but gapapa itu seninya KKN,hehe. Tapi yaa...konsekuensinya kita jadi terputus dari dunia luar, gabisa komunikasi sama orang rumah, orang kampus, penghuni kapal pinisi (red: LDK klop’s-ers) dan yang paling bikin nelangsa itu gabisa Online,ehehehe (ga segitunya kaleeee,,ce to the ka,ckck). Btw,, ane jadi keingetan sama amanah ane yang belum terselesaikan, but what can i do with this condition Hon?? Nothing, I’m sorry sist,, (arjuu anti fii khair hunaak :)).

Oia, sebelum masuk ke hari pertama KKN, kita flashback ke H-1nya yaa,,

Yup, H-1 pagi-pagi tepatnya tanggal 2 Juli 2012, jam 6 lewat beberapa menit ane berangkat ke terminal dianter sama Bapa ane (Abi) setelah sebelumnya pamitan sama Mama sambil nahan-nahan biar gak nangis,hehe (ceritanya masih mau jaim biar masih tetep kliatan cool,eheehe, padahal kan itu didepan orang tua,Mun,ckck). Nah, sampailah ane di terminal, setelah pamitan sama Abi, meluncurlah ane menuju BiKun-nya UIN, apakah itu?? (gaya penyanyi kasih mic ke penonton XD), Yak! Bis 510,hehe, bis paling fenomenal di kalangan UIN-ers,hihihi. Pas di bis ane sengaja duduk di bagian belakang biar bisa naro tas putih yang ukurannya gak kecil itu dengan leluasa,he, eh tapi gak juga ding, berhubung tu tas ngambil lahan orang buat berdiri dan ane ga mau klo tu tas dimasukkin ke kolong cz nanti bakal kotor dan susah ngambilnya, jadilah ane bayar bisnya 2orang,hehe, gapapalah 5,000 buat nganter ane (beserta barang bawaan) dari Kp.Rambutan ke Ciputat itu sudah sangat murah, Alhamdulillah ada bis 510, patut disyukuri tuh,hehe. Sampailah ane di kostan tercinta, dari rumah ane bawa ransel dan tas putih berisi pakaian bekas yang masih layak pakai untuk baksos. Berhubung ane belum packing sama sekali, jadilah ane mulai membongkar isi tas dan laci serta menggeret (bahasanya,hehe) c tas dorong hitam besar (bukan koper) untuk menghijrahkan baju-baju dan perlengkapan lain ke dalamnya (eh tapi kayaknya ane tidur-tiduran dulu deh,he). Gak lama kemudian, ane melirik jam adi**s hitam cool bin macho nan mungil yang bertengger di tangan kiri ane (what a ‘rempong’ speech,whehehe), ternyata dah jam 8.30 , yasudah capcuslah ane ke kampus cz mau ada acara pelepasan dari Pak Komeng alias Pak Komaruddin, Rektor kita,he. Acara pelepasannya di lapangan parkir SC (student Center) dan hal yang lumayan ‘sesuatu’, ane terlibat di acara pelepasan sebagai pengantar gunting (buat gunting balon) ke Pak Rektor, ehehe (biasa aje kalii muun.. -_-“). Dari kelompok ane juga ada Fufah yang terlibat sebagai MC dan Dini alias Afredo juga ikut nemenin kita di panggung, asik dah kelompok 17 eksis niyee..hoho. Di acara pelepasan itu Pak Rektor memberikan nasehat dan beberapa wejangan untuk mahasiswa-mahasiswi-nya yang akan berangkat KKN. Diantaranya yang beliau sampaikan adalah tentang indikator keberhasilan KKN, mau tau mau tau?? Mau tau aja atau mau tau banget??hohoho. Yodah...berhubung ane baik, jadi ane kasih tau deh :p. Pertama,pas kita sampe di tempat, kita disambut dengan baik, nah klo kita pulang alias mau balik lagi ke Ciputat trus kita ditangisin sama warganya berarti kita sukses tuh,hehe. Tapi ni ambigu juga, klo warga pada nangis tu gara2 kita tinggalin apa tangis bahagia gara2 kita dah balik??hoho. Trus indikator selanjutnya, program-program yang kita laksanakan berjalan lancar dan membekas serta meninggalkan kesan yang baik di hati masyarakat J,, truuus klo di tempat KKN kita ada acara apaa gitu, kita nanti diundang dan diajak makan-makan bareng (emg iya ya Pak?he), truussss...kata Pak Komeng, indikator yang paling menunjukkan KKN kita berhasil adalah adanya salah satu dari kita yang diminta jadi mantunya Pak RW or tokoh masyarakat disitu, waaaaaaa...gubrak! gedebuk! Klomprang! Jedukk! Byuurr! Dorrr! *lho???tuing tuing !@#^^&*^%, haha,( gak segitunya juga kali Haan, eh, Muun -.-“). Setelah Pak Rektor menyampaikan wejangan2nya, tibalah saatnya pengguntingan balon, yodah dh ane kucluk kucluk nganterin tu gunting pake nampan dan pas Pak Komeng mau ngegunting, beliau langsung terpikir untuk minta mahasiswa aja yang ngegunting cz kata beliau kan yang mau berangkat KKN itu mahasiswa bukan beliau,ehe bner juga sih mungkin biar lebih dapet feelnya :), akhirnya beliau minta 4 perwakilan dari mahasiswa untuk ngegunting tu balon :D.

Setelah acara selesai, SERULING-ers briefing sebentar untuk persiapan pemberangkatan besok dan pembagian tugas. And then,, kita pulang ke kostan masing-masing. Ane c langsung buka lepi, menyapa Ms.Excel bertitle LPJ,ehehehe. Ba’da ashar ane ketemuan sama my beloved partner, bendum 2 alias c bunbun,ehehe *smoga dy ga baca :p. Kita ketemuan di MaHar (Markas Haroki alias sekret LDK) untuk menyelesaikan pewarisan, penyerahan, eh lebih tepatnya c pelimpahan, aaaa...tapi gamau, hm...Yak, maksudnya pengalihan sementara tugas, kan biasanya kita bertugas berdua tapi karna ane mw menghilang selama 2.592.000 detik kedepan, jadilah Riska kerja sendiri, L,, stelah itu turun dari MaHar, trus dari parkiran SC ke depan gang pesanggrahan ane dibonceng Bunbun, setelah sampai, yasudahlah dengan perasaan yang campur aduk ane turun dari motor dan pamit, agak feeling guilty juga, tapi yasudahlah, ‘Afwan ya Ukht, insyaAllah Allah akan memudahkanmu,, :) .

Sampe kostan, langsunglah ane melanjutkan proses bongkar pasang muatan barang-barang (emangnya truk?? -_-“) buat KKN J,dan itu masih berlangsung sampai jam 22.00,hoho. Lalu sekitar jam 23.30an barulah ane rehat. Bismika Allahumma ahyaa wa bismika aamuut..

***


TADAAAAAA......masuk hari pertama KKN :D, tepatnya hari pemberangkatan menuju TeKaPe. Pagi-pagi jam 6-an ane keluar kostan, sebelumnya ane pamitan dulu sama temen kostan ane yang jam keberangkatannya lebih siang dari ane. Rencananya SERULING-ers akan berangkat jam 08.00 dan kumpul di kostan Bahar sang ketu, he. Oia, ane keluar dari kostan dijemput ding sama Adin,he, ane bawa tas dorong sama ransel dan Adin bawa tas putih besar yang diatasnya ada bantal pala doraemon,he (dari Minc tuu :D). Sebelum meluncur ke kostan Bahar, kita berhenti dulu di depan gang kostan Adin cz harus nunggu Ulfah. Gak lama kemudian Ulfah dateng dianter sama Ummi dan adeknya (2 motor), spontan ane dan Adin langsung menuju ke tempat Ufah berhenti dengan serempongan barang bawaannya,he, dan 1 yang gak akan ane lupa, Ummi-nya Ufah bilang ke ane “jagain Ulfah ya,,”ehehehehhe...OK dah Mi, ane jagain dah.. :D, (mudah2an anaknya kaga baca XD).

Nah, langsung lanjut di kostan Bahar *meng-cut proses perjalanan kesana cz klo diceritain bakal rempong tingkat dewa,hihi. Ternyata setelah diliat-liat, barang-barang KKN kita banyak banget, selain barang-barang perlengkapan pribadi yang sejibun itu, ada juga barang-barang baksos yang jumlahnya sangat tidak sedikit, ada 29 dus Al-qur’an @28 buah/dus (tapi akhirnya gak semua dibawa c), terus berdus-dus pakaian bekas, bahan makanan, air mineral, sound system, printer dll, hm..pastinya bakalan menuhin tronton yang akan mengantar kita nanti. Setelah tronton datang dan parkir di dalem gang samping IIQ (deket markas IMM), maka beraksilah pasukan SERULING dibantu sama bapak2 tronton (?) mengangkut alias menghijrahkan amunisi-amunisi (?) kita ke tronton, dan 20 menit kemudian selesai :D, Alhamdulillah. Pas ane lagi istirahat (ceritanya cape abis ngangkut2,he), ada sms dari Agem alias gem gem alias Gema,, katanya dia sama Bibah dan Mimin ada di depan gang kostan Bahar, mereka ngiranya ane dah berangkat,he. Akhirnya meluncurlah ane kesana, Alhamdulillah masih bisa pamitan sama mereka walaupun Bibah sama Minc baru sampe bgt dari Jogja, mereka masih nyempetin nganter ane pergi, J (sayangnya ga ada Riska). Sekitar jam 8.30 akhirnya SERULING-ers berangkat menuju Bogor. Bismillah...

Nah, bagaimana dengan perjalanan kita?? Beuuhhh...mantap, seru , gokil dan kocak abiiis... Semua keheningan bener-bener pecah sama ulah dan tingkahnya c maskot SERULING, c Afredo alias Dini, dari mulai nyanyi-nyanyi, dadah-dadahin kendaraan yang ada di belakang kita sampe supirnya nyengir-nyengir dan yang paling koplak adalah pas main tebak judul lagu, dia sengaja muterin lagu yang kira-kira orangnya ga bakal tau dan karna kelamaan mikir orangnya bakal kena semprotan bedak dan aaaaaaa.....ane kena juga, padahal ane dah pura-pura tidur tapi ketahuan ane melek langsunglah dipaksa ikutan, alhasil ni muka jadi mendadak kayak donat gula, zzzzzzz.... -____-*. Oia, yang ada di tronton bagian belakang dan ikut jadi peserta tebak lagu (?) ada : ane, Fufah, Ima, Lia, Meka, Ulfah, Adini, Kuntum, Eci, Bahar, Dhoni dan tentunya c Afredo,, dan semuanya kebagian bedak,haha. Di tengah perjalanan (menuju akhir) sempet ada gossip yang hampir nyata, kita mau diturunin di jalan karna Pak Supir harus segera balik lagi ke Jakarta, trontonnya mau dipake, sementara klo bneran diturunin kita mau pake apa untuk sampe ke tekape?? Dengan barang-barang bawaan yang super banyak dan berat, jarak tempuh yang masih 15 kiloan lagi dengan kondisi jalan yang nanjak dan didukung dengan jalan yang bisa dibilang ancur itu gimana caranya? Untuk bawa badan sendiri aja udah berat (lebeee), nah ini?? can you imagine that?? Heuheu...tapiii...gausah dibayangin deh,he, cz c Kuntum akhirnya langsung nelpon Pak Komandan dan akhirnya berhasil berhasil berhasil, horreeey! (ya kali Dora :p). Kita ga jadi turun dan tetep lanjut,he, dan ke-ancur-an pun berlanjut dengan didukung kondisi jalanan yang gak bagus dan bikin semua penghuni tronton goyang kanan goyang kiri, loncat kanan loncat kiri, guling kanan guling kiri, tengok kanan tengok kiri, mampir sana mampir sini (lho? Sebenernya ini dimana?? hehe) sampe-sampe Lia dan Jay diikuti dengan Bahar mereka bertiga nahan tumpukan barang-barang yang mulai geser-geser dan kalo ga dipegangin bakal jatoh dan niban kita-kita,hhe. Detik demi detik berlalu tanpa adanya hening sedikitpun alias selalu ramai dan berisik. Dan sekitar jam 12.30 akhirnya kita sampaiii, alhamdulillah...

Sampai di tekape kita langsung disambut baik oleh warga, spontan Bapa-bapa, para pemuda sampai anak-anak kecil pun turun untuk bantu kita menurunkan dan mengangkut barang-barang dari tronton ke rumah Pak RW (tmpat SERULING-ers tinggal). SERULING-ers pun disambut dengan baik oleh Pak RW berserta istri dan anak perempuannya yang masih berusia 17 tahun, Rifa namanya. Nah SERULING-ers yang putri tinggal di rumah atas, yang putra tinggal di rumah bawah (rumah ortu Pak RW), jadi walaupun beda rumah bisa tetep bisa koordinasi. Setelah itu kita istirahat, makan siang dan beres-beresin tas + perlengkapan lainnya. Gak lama kemudian terdengar pengumuman ada yang meninggal (innalillahi wa inna ilaihi roji’un), laki-laki masih muda (23 tahun, baru nikah beberapa bulan) karna jatuh ke jurang (warning buat kita biar lebih hati-hati disini, khususnya Ufah, dia yang bilang sendiri lho,he). Dan jadilah kegiatan SERULING-ers di Cianten hari ini adalah ta’ziyah dan tahlilan ba’da isya di rumah duka. Pas perjalanan pulang kira-kira 20 meter sebelum rumah Pak RW ane dan yang lainnya nyangkut dulu di teras masjid nyari sinyal,he, rasanya bahagia banget pas sms pada masuk,ehe, malah ane sempet nelpon Riska, tadinya cuma mau ngetes aja eh ternyata diangkat, jadilah ane ngobrol slama 10 menit lebih beberapa detik, setelah itu kami pulang dan istirahat, Bismika Allahumma ahya wa bismika amuut, hari yang melelahkan tapi sangat seru, :D.

Wassalaamu’alaykum warohmatulloh wabarokatuh....


No comments:

Post a Comment

Thank You ^_^