Thursday, February 4, 2010

Makkiyah Dan Madaniyah

· Makkiyah adalah wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah saw sebelum berhijrah ke Madinah.


· Madaniyah adalah wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah saw setelah berhijrah ke Madinah.


· Perbedaan Al-Maky wal Madany

















































































No



Al-Makiyah



Al-Madaniyah



1.







Kebanyakan konteks kalimat tegas dan lugas karena kebanyakan obyek yg didakwahi menolak dan berpaling, maka hanya cocok mempergunakan konteks kalimat yg tegas. Ex: Al-Muddatstsir dan surat Al-Qamar.



kebanyakan mempergunakan konteks kalimat yang lunak karena kebanyakan obyek yang didakwahi menerima dan taat. Ex: di surat Al-Maa’idah.


2.



Kebanyakan adalah ayat-ayat pendek dan argumentatif, karena kebanyakan obyek yang didakwahi mengingkari, sehingga konteks ayatpun mengikuti kondisi yang berlaku. Ex: surat Ath-Thuur.



kebanyakan adalah ayat-ayat pendek, penjelasan tentang hukum2 dan tidak argumentatif, karena disesuaikan dgn kondisi obyek yang didakwahi. Baca ayat tentang hutang-piutang dalam surat Al-Baqarah.



3.



berisikan penetapan tauhid dan aqidah yang benar karena kebanyakan obyek yang didakwahi mengingkari hal itu.



berisikan perincian masalah ibadah dan muamalah, karena obyek yang didakwahi sudah memiliki Tauhid dan aqidah yang benar .



4.



Turun sblum hijrah mskpun bkn di Mekah



Turun sesudah hijrah mskpun bkn di Madinah



5.



Turun di mekah dan sktarnya: mina,arafah,hudaibiyah



Turun di madinah dan sktarnya : Uhud , Quba



6.



Seruannya ditujukan kpda penduduk mekkah



Seruannya ditujukan kpda penduduk madinah



7.



Mengandung ayat sajdah



Berisi kewajiban dan sanksi



8.



Mengandung lafal ‘kalla’ 33x dlm 15 surat



Menyebutkan orang-orang munafik



9.



Mengandung yaa ayyuhan nas dan tdk mngndung yaa ayyuhal ladziina aamanu



Suku kata dan ayatnya panjang2 dan dgn gaya bhasa ug memantapkan syariat danmenjelaskan tujuan



10.



Mengandung kisah para nabi dan ummat



Terdapat dialog dgn ahli kitab



11



Mengandung kisah adam dan iblis



Menyingkap perilaku orang munafik



12



Surah dibuka dgn huruf2 sngkatan ex: alif lam mim



Menjelaskan ibadah,muamalah,had,kekeluargaan



13



Berisi ajakan kpd tauhid dan beribadah kpda Allah



Warisan,jihad,hub.sosial,hub.internasional



14



Peletakan dasar2 umum perundang2an



Ttg ahli ktab dari yahudi dan nasrani



· Kegunaan mengetahui al-makky al-madany


1. Nampak jelas sastra Al-Qur’an pada puncak keindahannya, yaitu ketika setiap kaum diajak berdialog yang sesuai dengan keadaan obyek yang didakwahi ; dari ketegasan, kelugasan, kelunakan dan kemudahan.


2. Nampak jelas puncak tertinggi dari hikmah pensyariatan diturunkannya secara berangsur-angsur sesuai dengan prioritas terpenting kondisi obyek yang di dakwahi serta kesiapan mereka dalam menerima dan taat.


3. Pendidikan dan pengajaran bagi para muballigh serta pengarahan mereka untuk mengikuti kandungan dan konteks Al-Qur’an dalam berdakwah, yaitu dengan mendahulukan yang terpenting di antara yang penting serta menggunakan ketegasan dan kelunakan pada tempatnya masing-masing


4. Membedakan antara nasikh dan mansukh ketika terdapat dua buah ayat Makkiyah dan Madaniyah, maka lengkaplah syarat-syarat nasakh karena ayat Madaniyah adalah sebagai nasikh (penghapus) ayat Makkiyah disebabkan ayat Madaniyah turun setelah ayat Makkiyah.


5. Untuk dijadikan alat bantu dalam menfsirkan al-qur’an


6. Mengetahui sejarah hidup nabi melalui ayat-ayat al-qur’an


· Surat-surat al-makky: Al-Fatehah, Al-An'aam, Al-A'raaf, Yunus,Huud,Yusuf, Ibrahim, Al-Hijr, An-Nahl, Al-Isroo', Al-Kahfi, Maryam, Thaha, Al-Anbiya', Al-Mu'minuun, Al-Furqaan, Asy-Syu'aro', An-Naml, Al-Qashash, Al-Ankabuut, Ar-Ruum, Luqman, As-Sajdah, Sabaa, Al-Faathir, Yaasiin, Ash-Shaffaat, Shaad, Az-Zumar, Ghaafir, Fushshilat, Asy-Syuuroo, Az-Zukhruf, Ad-Dukhoon, Al-Jaatsiyah, Al-Ahqaaf, Qaaf, Adz-Dzaariyaat, Ath-Thuur, An-Najm, Al-Qamar, Al-Waaqi'ah, Al-Mulk, Al-Qalam, Al-Haaqqah, Al-Ma'aarij, Nuuh, Al-Jin, Al-Muzzammil, Al-Muddatstsir, Al-Qiyaamah, Al-Muraasalaat, An-Naba', An-Naazi'aat ,Abasa,At-Takwiir, Al-Infithaar, Al-Muthaffifiin, Al-Insyiqaaq,Al-Buruuj, Ath-Thaariq, Al-A'laa, Al-Ghaasyiyah, Al-Fajr,Al-Balad, Asy-Syams, Al-Lail, Adh-Dhuhaa, Al-'Ashr, At-Tiyn,Al-'Alaq, Al-Qadr, Al-'Aadiyaat, Al-Qaari'ah, At-Takatsur, Al-Ashr,Al-Humazah, Al-Fiyl, Quraisy, Al-Maa'uun, Al-Kautsar, Al-Kaafiruun,Al-Masad, Al-Ikhlaash, Al-Falaq, An-Naas


· Surat-surat al-madany: Al-Baqarah,Ali Imran,An-Nisaa',Al-Maa`idah,Al-Anfaal,At-Taubah, Ar-Ra'd, Al-Hajj, An-Nuur,Al-Ahzaab, Muhammad, Al-Fat-h, Al-Hujuroot, Ar-Rahman, Al-Hadiid, Al-Mujaadalah, Al-Hasyr, Al-Mumtahanah, Ash-Shaf, Al-Jumu'ah, Al-Munaafiquun, At-Taghaabun, Ath-Thalaaq, At-Tahriim, Al-Insaan, Al-Bayyinah, Al-Zalzalah, An-Nashr


No comments:

Post a Comment

Thank You ^_^