Wednesday, October 12, 2016

KEUTAMAAN UMROH

Keutamaan haji dan umrah banyak disebutkan dalam berbagai hadits. Hal ini mendorong umatb muslim untuk menjalankannya untuk memperoleh pahala dan rahmat dari Allah Swt. Berbagai pahal, keutamaan, serta manfaat dari ibadah umrah ini membuat umat muslim berlomba-lomba untuk dating ke tanah suci dan mengerjakan ibadah umrah.
Beberapa Keutamaan Umrah:
1.    Umrah adalah penghapus dosa
Antara satu umrah dengan umrah berikutnya merupakan penebus dosa-dosa yang ada diantara keduanya, dan haji mabrur itu tidak ada balasan baginya kecuali surge (Al-jannah).” (HR.muslim no.1349, dari Abu Hurairah ra).
 
2.    Umrah Merupakan amalan yang paling utama
Dari Abu Hurairah ra, ia berkata:
Rasulullah Saw ditanya, “Apakah amalan yang paling utama?” Beliau Menjawab, “Beriman kepada Allah dan rasul-Nya.” Ada yang bertanya lagi, “kemudian apa lagi?” Beliau kemudian menjawab, “Kemudian apa lagi ya Rasulullah?” “Haji Mabrur”, jawab Nabi Saw. (HR.Bukhari no.1519)
Dari Abu Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda:
Siapa yang berangkat menunaikan haji kemudian meninggal dunia, maka ditulis baginya pahala dari ibadah haji (terus menerus) hingga hari kiamat, Siapa yang berangkat menunaikan umrah kemudian meninggal dunia, maka ditulis baginya pahala dari ibadah umrah (terus menerus) hingga hari kiamat, siapa yang berangkat perang fisabilillah kemudian meninggal dunia, maka ditulis baginya pahala dari ibadah perangnya itu (terus-menerus) hingga hari kiamat.” (Musnad Abu Ya’la)
 
3.    Orang yang berhaji dan berumrah adalah utusan Allah
Dari Abu Hurairah ra, nerkata bahwa:
Rasulullah Saw bersabda: “Delegasi (utusan) Allah ada tiga yaitu, Pasukan perang, orang haji dan orang umrah.” (HR. Ibn Hibban dalam Kitab Shahih-nya 9/hal 6)   
 
4.    Pahalanya 700 kali lipat
Dari Buraidah ibn al Kushaib berkata:
Rasulullah Saw bersabda: “Nafkah (biaya yang dikeluarkan) untuk haji itu sebagaimana nafkah yang dikeluarkan fi sabilillah (di jalan Allah) yaitu diganjar dengan pahala 700 kali lipat. (HR. Abu Syaibah, Abu Ya’la, Ahmad, Thabrani di dalam Al Awsat dan Al Baihaqi dengan sanad Hasan)
 
5.    Allah membanggakannya di hadapan para malaikat
Dari Ibn Musayyab berkata:
“Aisyah ra, telah berkata: Rasulullah Saw bersabda ; “Tidak ada suatu hari dimana Allah paling banyak membebaskan hambaNya dari api neraka selain hari Arafah. Pada hari itu Allah mendekati hambaNya dan membanggakan mereka di hadapan para Malaikat, seraya berfirman: (lihatlah para malaikatKu)” Apa yang dikehendaki para hambaKu ini?” 9HR. muslim no.1348)
 
6.    Mendapat keuntungan yang besar
Dari jabir, dalam al-aswath : “Sungguh Al-bait (Ka’bah) ini adalah salah satu pilar (tiang) dari tiang-tiang (pokok ajaran) islam, siapa yang menunaikan haji atau umrah, maka ia menjadi penjamin atas Allah, maka jika ia meninggal dunia, ia akan masuk surge dan jika ia selamat kembali kepada keluarganya, maka ia akan mendapat ghanimah (keuntungan yang banyak).” (HR. Thabrani)
 
7.    Menghilangkan kemiskinan dan dosa
Dari ‘Abdullah bin Mas’ud ra berkata:
“Rasulullah Saw, bersabda ; “Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan  dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Dan sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An-Nasai no.2631, Tirmidzi no.810, Ahmad 1/387)
 
8.    Orang yang berhaji / berumrah adalah tamu Allah dan doanya mustajab
Dari Ibnu ‘umar ra berkata;
Rasulullah Saw bersabda : “Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumrah adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan tersebut. Oleh karenai itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah kabulkan” (HR. ibnu majah no 2893)
Dari Abu Hurairah ra, berkata, Rasulullah sesungguhnya bersabda “Orang-orang yang berhaji dan berumrah adalah tamu-tamu Allah, jika berdoa dikabulkan doa-doa mereka,n jika memohon ampun maka diampuni dosa-dosa mereka (Shahih Ibn majah no.2892, Sunan al kubra – Al Baihaqi)
 
9.    Pahala shalat di Masjid nabawi dan Masjidil Haram
Atha’ meriwayatkan dari jabir, bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Satu kali shalat di masjidku lebih utama daripada seribu kali shalat di tempat lain, selain Masjidil Haram. Sedangkan satu kali shalat di Masjidil Haram itu lebih utama daripada seratus ribu kali shalat di tempat lain.” (HR. Ibnu Majah : 1/450)
Riwayat dari Abu Hurairah ra mengatakan, Nabi Saw bersabda, “Satu kali shalat di masjidku (Masjid Nabawi) ini lebih baik daripada seribu kali shalat di tempat lain, kecuali Masjidil Haram.” (HR. Bukhaari:11/136 dan HR muslim IV/124)
 
10. Pahala umrah Ramadhan setara berhaji bersama Rasulullah Saw 
    Suatu hari Rasulullah bertanya kepada seorang wanita anshar bernama Ummu Sinan “Apa yang menghalangimu untuk melaksanakan haji bersama kami? Wanita tersebut menjawab, “kendaraan unta yang dimiliki suamiku, dia melaksanakan haji bersama anaknya menggunakan salah satunya. Sementara yang satunya lagi digunakan untuk memberi minum anak-anak kami. Rasulullah Saw bersabda, “umrah pada bulan Ramadhan setara dengan ibadah haji bersamaku” (Muttafaq alaih)

Sumber :
Umrah, Menggapai Berkah di Tanah Suci. Hj Masrura Ram Idjal.2014. Bandung : Cendekia Visitama 

No comments:

Post a Comment

Thank You ^_^